Perayaan Natal PWI Sumut Penuh Sukacita, Pj Gubernur Sumut Ajak Wartawan Jadikan Momen Natal Perkuat Peran Pers

Perayaan Natal Keluarga Besar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut 2023 berlangsung meriah penuh sukacita, Kamis (21/12/2023), di Hotel Danau Toba Internasional (HDTI), Jalan Imam Bonjol, Medan.

topmetro.news – Perayaan Natal Keluarga Besar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut 2023 berlangsung meriah penuh sukacita, Kamis (21/12/2023), di Hotel Danau Toba Internasional (HDTI), Jalan Imam Bonjol, Medan.

Perayaan ini mengangkat tema ‘Kemuliaan Bagi Allah dan Damai Sejahtera di Bumi’ (Lukas 2:14). Serta subtema ‘Melalui Perayaan Natal PWI Sumut 2023 Mari Kita Jaga Kedamaian Menjelang Pemilu 2024’.

Acara Natal diawali acara umum yang dihadiri Pj Gubernur Sumut Hassanudin, Biro Perekonomian Setdaprovsu Poppy Marulita Hutagalung, Kadishub Sumut Agustinus Panjaitan, dan Kadiskominfo Sumut Ilyas S Sitorus. Kemudian ada undangan Caleg Salomo TR Pardede SE MM (caleg DPRD Medan) Dapil V, Drs Baskami Ginting (caleg DPRD Sumut) Dapil II, Kombes Pol (Purn) Dr Maruli Siahaan SH MH (caleg DPR RI) Dapil Sumut I, Dr Badikenita Putri Br Sitepu SE MSi (caleg DPD RI).

Pj Gubernur Sumut Hassanudin mengajak para wartawan untuk memperkuat peran pers di masyarakat. Peran yang ia maksud antara lain, sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, kontrol sosial, dan lembaga ekonomi.

Ada 9.500 lebih hoaks, menurut data Kementerian Kominfo RI di tahun 2022 dan 62 persen di antaranya adalah ujaran kebencian. Hal itu menurut Hassanudin tidak sejalan dengan ajaran agama yang banyak mengajarkan cinta kasih antarumat manusia.

“Di sinilah menurut kami, teman-teman wartawan perlu memperkuat perannya sebagai media informasi, pendidikan dan terutama kontrol sosial,” kata Hassanudin.

Peran itu semakin penting karena sebentar lagi Indonesia akan melangsungkan Pemilu. Media sebagai corong utama informasi memiliki peran krusial menciptakan Pemilu yang aman dan damai.

“Apalagi sebentar lagi kita Pemilu, Pilkada, Pileg. Peran teman-teman semua sangat krusial, agar pesta demokrasi ini berjalan seperti yang kita harapkan,” katanya.

Profesional

Sementara itu Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting berharap wartawan menjalankan profesinya dengan profesional. Sehingga media di Sumut bisa menjadi corong aspirasi masyarakat.

“Jalankan tugas anda dengan terhormat, profesional. Sehingga kami masyarakat mendapatkan informasi yang benar, mendidik. Sehingga masyarakat kita semakin maju,” katanya.

Sebelum Perayaan Natal, PWI juga memberikan bantuan kepada masyarakat yang kurang mampu. Hal itu mendapar apresiasi dari Ketua DPRD Sumut. “Luar biasa rasa kebersamaan kita Natal kali ini. Saya sangat mengapresiasi PWI Sumut yang sudah membantu saudara-saudara kita yang sedang kesusahan,” ujarnya.

Ketua Panitia Natal Josmarlin Tambunan sebelumnya mengucapkan terima kasih kepada Pj Gubernur, Ketua DPRD Sumut dan para tokoh dan caleg yang hadir pada acara itu. Juga kepada seluruh panitia, sehingga acara Natal PWI Sumut 2023 dapat berlangsung meriah dan penuh sukacita.

Usai acara nasional, lanjut acara ibadah Natal dengan panduan MC Sumuang Nababan dan Mega Sihombing. Kemudian, pengkhotbah Ps Rajamin Sirait SE dan pembawa doa syafaat LS Wilson Rio.

Usai ibadah berlangsung juga pemberkatan para caleg dengan mangulosi mereka. Pengkhotbah Ps Rajamin Sirait juga mendoakan mereka agar dapat menang dalam perhelatan Pemilu 2024.

Usai ibadah dan acara umum, hadir juga rombongan Wali Kota Medan H Bobby A Nasution dan para OPD Kota Medan. Ikut juga dalam rombongan, Ketua PWI Sumut Farianda Putra Sinik, Ketua Organisasi PWI Pusat Zul Mansah, dan undangan lainnya.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment